Cara Membersihkan / Kuras Radiator Mobil dan Motor

update January 2017 - Mesin Mobil, Mesin Motor

Automotif Tips – Penggunaan air radiator yang tidak benar bisa menyebabkan radiator ngerak dan tersumbat. seperti contoh penggunaan air selokan atau air sungai yang tidak bersih. air sumur juga bisa menyebabkab radiator ngerak. sama seperti kita lihat panci atau tempat memasak air. biasanya ada jat kapur yang mengendap di dasar. jika radiator tersumbat maka bisa membuast sirkulasi air sebagai pendingin mesin tidak lancar yang otomatis akan membuat mesin mengalami panas berlebih atau overheat.

Jika radiator sudah ngerak atau air radiator kotor, maka anda harus menguras radiator. pengerjaan menguras radiator pun dibagi 2 langkah. yaitu hanya mengganti airnya saja dengan menggunakan air radiator khusus atau membuka dan membersihkan elemen radiator ke tukang kuras radiator. untuk menguras radiator ke tukang radiator mungkin lebih ke jika radiator sudah sangat kotor dan tersumbat. namun jika belum parah, anda bisa mengurasnya sendiri.

Cara Membersihkan / Kuras Radiator Mobil dan Motor

Untuk menguras radiator sendiri dirumah bukan hal yang sulit. jika anda mau, coba lakukan langkah berikut ini.
  1. Pastikan mesin dalam kondisi dingin.
  2. Buka baut pembuangan air radiator di bagian bwah radiator.
  3. Biarkan air keluar sampai habis.
  4. Isi Radiator menggunakan air bersih.
  5. Hidupkan mesin dan biarkan air bersirkulasi sampai mesin agak panas.
  6. Matikan mesin dan tunggu sampai dingin.
  7. Buang kembali air raditor karena saya yakin air masih keruh.
  8. Ulangi langkah 4 sampai 7 hingga bersih.
  9. Jika sudah bersih, gunakan cairan khusu radiator atau Radiator Coolant.

Itu cara sederhana membersihkan radiator dan saluran cairan pendingin. jika diperlukan pengurasan total maka anda harus buka radiator dan bawa ke tukang kuras radiator. namun jika mau mencoba, sebetulnya ada satu produk untuk membersihkan radiator yaitu “ Radiator Flush “. coba anda telusuri di google. pembersih ini bisa menjadi solusi untuk membersihkan radiator. untuk langkah penggunaanya pastinya tertera di kemasanb hanya secara garis besarnya seperti langkah diatas seperti langkah menguras radiator yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

Jadi dalam hal penggunaan cairan pendingin, gunakanlah cairan khusus, karena tentunya titik didih dan bahan lainnya sudah dipormulasikan khusus untuk sistem pendingin mesin kemdaraan. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.