Cara Memperbaiki Motor Mogok Karena Kompresi Bocor

update January 2017 - Mesin Motor

Automotif Tips – Motor mogok bisa diakibatkan oleh berbagai hal. salah satu yang akan saya ulas disini adalah kompresi bocor yang diakibatkan oleh klep yang nyangkol atau terganjal namun bukan berarti klep yang bengkok bertabrakan dengan piston. banyak dialami oleh sepeda motor Honda Vario dan Mio juga motor tua seperti Honbda CB. setidaknya itu beberapa sepeda motor yang pernah pernah dan agak sering mengalami kompresi bocor akibat klep nyangkol atau terganjal.

Tanda kompresi bocor adalah jika di engkol menggunakan slahan akan terasa ringan dan jika pakai starter maka starter akan berbunyi seperti tidak ada beban dalam memutar mesin. nah jika ini terjadi maka apa yang harus anda lakukan. cara untuk memperbaiki ini bisa coba dilakukan tanpa membuka mesin dan mudah-mudahan berhasil. nah berikut ini caranya.

Cara Memperbaiki Motor Mogok Karena Kompresi Bocor

Cara Memperbaiki Motor Mogok Karena Kompresi Bocor

Langkah pertama coba anda slah dulu mesin, agak pakai tenaga biar putaran mesin agak kencang. sambil anda slah-slah mesin putar gas agak banyak atau anda putar saja hampir mentok. trus slah-slah jika beruntung maka mesin akan mulai ada tanda-tanda akan hidup. jika mesin mulai akan hidup, jangan balikan gas, tahan aja biarkan mesin sampai agak meraung dan selanjutnya pasti anda bisa.

Cara kedua jika dengan cara pertama mesin masih gak mau hidup dan kompresi masih bocor, ditandai dengan jika di starter dan di slah terasa ringan. langkah kedua ini anda harus buka karburator atau cukup karet hose karburator saja. kemudian jika anda mau agak ribet, posisikan mesin pada TOP nya. jika gak mau ribet juga langsung aja masukan sedikit oli pada manipold IN atau pada venturi karburator.

Slah-slah mesin jika dirasa ada sedikit kompresi, coba hidupkan mesin sambil anda putar grip gas agak banyak. sambil bekap dulu karburator juga bagus. ingat jangan kebanyakan olinya jika kebanyakan maka busi bisa basah. jika mesin gak mau hidup padahal kompresi dah ada, periksa dan keringkan busi. kemungkinan basah kena oli.

Jika sudah melalui kedua cara tadi kompresi gak mau balik dan mesin gak mau idup, maka mau takmau anda harus buka cylinder head dan memeriksa klep. kemungkinan bengkok.

Semoga cara diatas bisa bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.