Cara Menguras Membersihkan Radiator Tanpa Bongkar

update May 2017 - Mesin Mobil, Mesin Motor
loading...

Automotif Tips – Radiator yang kotor akan membuat sistem pendinginan mesin kurang maksimal. bisa membuat tempratur mesin naik bahkan terjadi Overheating. nah untuk menguras radiator tentunya kita kenal dengan cara membongkar radiator di tukang kuras radiator. dalam pengerjaanya radiator dibongkar dan dibersihkan tiap jalur element pedinginnya. cara ini ditempuh untuk radiator yang kotor dan mengerak akibat penggunaan air radiator yang sembarangan. biasanya air biasa bisa membuat radiator mengerak.

Memang cairan pendingin radiator sudah seharusnya menggunakan cairan khusus untuk radiator seperti Radiator Coolant selain karenba formula yang sudah di khususkan dan anti kerak juga titik didih yang tentunya berbeda pula. namun jika anda sudah terlanjur menggunakan air biasa atau juga radiator anda sudah kotor dan ingin mengurasnya, coba tips dari saya untuk menguras radiator tanpa kuras.

Cara Menguras Membersihkan Radiator Tanpa Bongkar

Sebelum melakukan pengurasan siapkan dulu bahan-bahan atau alat yang diperlukan. yang pertama Air minum galon, Cairan Radiator ( Radiator Coolant ), Cairan pembersih radiator ( Radiator Cleaner / Radiator Flush ), Baut Pembuangan radiator ( Takutnya yang lama udah getas ). setelah siap lanjut ke cara pengurasan.

loading...
Cara Menguras Membersihkan Radiator Tanpa Bongkar

Cara Membersihkan / Kuras Radiator

  • Dinginkan mesin, berbahaya jika membuang air radiator dalam kondisi mesin panas.
  • Buka baut pembuangan radiator letaknya di bawah dan keluarkan air radiator sampai habis.
  • Tutup kembali lubang pembuangan / pasang baut pembuangan.
  • Masukan Radiator Flush atau Radiator Clener ke radiator kemudian,
  • Isi radiator yang sudah dimasukan Radiator Flush tadi hingga penuh dengan Air Minum Galon. kenapa mesti air galon, karena kalo air kran atau air sumur takutnya daerah anda sama seperti daerah saya yang zat kapurnya tinggi. kalo misal mau pake air kran juga boleh.
  • Tutup radiator dan hidupkan mesin hingga panas sampai thermostat membuka, atau kurang lebih 15 Menit.
  • Matikan mesin dan dinginkan mesin terlebih dahulu.
  • Setelah dingin buang kembali air radiator hingga habis. dan tutup kembali lubang baut pembuangan.
  • Kemudian isi lagi radiator menggunakan air galon hingga penuh dan tutup radiator.
  • Hidupkan kembali mesin agar air bersirkulasi, gak usah terlalu lama karena ini untuk membuang sisa air kotor dan cairan pembersih yang masih tersisa.
  • Buang lagi air radiator dalam keadaan mesin dingin atau tidak panas.
  • Sampai disini kalo mau anda bisa ulangi langkah pembersihan dengan mengisi kembali radiator dengan air galon namun jika dirasa cukup masuk ke langkah terakhir.
  • Selanjutnya tutup lubang pembuangan radiator, dan isi radiator menggunakan cairan khusus untuk radiator ( Radiator Coolant ). jangan campur air. kecuali anda menggunakan cairan radiator yang penggunaanya harus dicampur air ( ada yang seperti itu ) jika menggunakan jenis ini gunakan air yang sudah dimasak atau air galon biar gak ngerak airnya.
  • Hidupkan mesin biarkan sebentar saja kemudian matikan, berarti mesin belum panas, buka tutup radiator lihat airnya jika kurang maka tambahkan sampai penuh dan tutup kemudian hidupkan lagi.
Tambahan : Jangan lupa juga memeriksa tangki cadangan radiator. kalo kotor kuras juga sekalian.
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.
loading...

Pencarian Artikel :

membersihkan radiator ,cara membersihkan radiator mobil ,cara cuci radiator ,cara menuras air radiator ,Cara bersihkan radiator kijang ,cara menguras radiator mobil ,kuras radiator mobil sendiri ,cara mencuci radiator ,cara membersihkan radiator truk ,cara flushing air tadiator ,cara cuci radiator zebra airnya berkaray ,cara cuci membersihkan radiator ,tips membersihkan radiator tanpa bongkar ,bersihkan radiator ,cara bersihkan air radiator

Cara Menguras Membersihkan Radiator Tanpa Bongkar | dedi kurnia | 4.5