Mengatasi Motor Kurang Tenaga Di Tanjakan

update February 2017 - Mesin Motor, Modifikasi

Automotif Tips – Medan jalan tidak selalu datar, dan medan jalan tidak selalu lurus. medan jalan ada yang rata dan banyak pula tanjakan. tidak selalu lurus karena banyak juga tikungan berkelok-kelok. seperti kehidupan ini yang tidak selalu mudah, kadang juga kesulitan menghampiri. seperti blog ini dalam memperjuangkan untuk diterima Upgrade Adsense yang belum juga bisa diterima. hehe, curhat dikit. Kembali ke masalah mengatasi sepeda motor yang berat atau kurang bertenaga saat di tanjakan, sebetulnya ini mudah untuk memperbaiki atau mensiasatinya. tentunya hal yang harus anda lakukan adalah men tune-up dulu mesin motor anda. berikan setingan mesin terbaik.

Sebetulnya bagi motor yang tenaganya kurang buat tanjakan bisa mensiasatinya dengan mengembat saat di tanjakan, yaitu dengan melajukan sepeda motor sebelum tanjakan agar motor tidak kehilangan tenaga di tengah tanjakan atau di awal tanjakan. namun bagaimana jika anda berada di medan yang jalannya rusak atau juga jalanan mulus tapi suka macet seperti nagreg misalkan. nah itu dia yang ingin saya bagikan tips untuk anda.

Cara Mengatasi Motor Kurang Tenaga Di Tanjakan

Tips ini buat para bikers mungkin tergolong tips basi yang mungkin anak SD juga dah pada tahu. pernah saya dapet koment kayak gitu. tapi berdasar dari pengalaman pribadi penulis, banyak pengguna sepeda motor yang juga gak tahu dan awam dengan cara mengatasi hal ini terutama untuk kalangan yang berusia. maka dari itu saya disini ingin berbagi dengan mereka. langsung aja saya kasih tutorialnya.

Untuk mengatasi tenaga pada sepeda motor sebetulnya untuk cara mudahnya dilakukan seting ratio gir. atau penyetelan kembali perbandingan gir antara gir depan dan belakang. namun cara ini lebih ke tenaga saja dan ada plus minusnya. jika tenaga diperbesar maka untuk lari pasti kurang kencang dan jika diperberat maka saat najak akan engap tapi untuk lari maknyos. nah bagi orang yang berada di daerah terpencil yang jalannya gak mulus mungkin kebutuhan merekla adalah motor kuat nanjak di tanjakan ekstrim. kalo untuk lari jika jalan jelek mau lari dimana juga tu motor.

Beda dengan yang diperkotaan pastinya kebutuhan motor adalah kencang bukan untuk tanjakan. nah untuk agar supaya motor kuat nanjak maka yang harus anda lakukan adalah mengganti salah satu gir pada sepeda motor. untuk rumusnya begini saya simple kan ya.

Mengatasi Motor Kurang Tenaga Di Tanjakan
Gir Depan

  • Jika gir depan diperbesar maka akan kurang tenaga untuk nanjak dan akan makin kencang untuk laju.
  • Jika gir depan diperkecil maka yang terjadi adalah sebaliknya.

Gir Belakang

  • Jika gir belakang diperbesar maka tenaga untuk tanjakan makin besar dan untuk laju akan kurang kencang.
  • Jika gir belakang diperkecil maka akan sebaliknya.

Contoh :
Jika sebuah sepeda motor gir depan berjumlah 14 mata dan belakang 40 maka agar makin besar tenaga untuk tanjakan bisa mengganti gir depan dengan 13 mata atau yang lebih kecil lagi dan juga bisa mengganti gir belakang dengan yang 42 mata atau lebih besar lagi. atau mengkombinasikan keduanya.

Untuk kebutuhan penyetelan seperti itu maka saat ganti gir jangan beli satu set tapi yang terpisah. atau beli satu set tapi salah satunya ganti lagi sesuai dengan kebutuhan. kalo kebutuhannya ingin kuat tanjakan dan juga kencang maka motor perlu di korek atau upgrade atau ganti motor dengan cc lebih gede. hehehehe. moga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Pencarian Terkait :

menghilangkan limiter cdi standar ,motor kurang tenaga di tanjakan ,motor matic paling kuat di tanjakan ,ukuran gir motor untuk tanjakan ,motor bebek paling kuat di tanjakan ,honda beat tidak kuat nanjak ,motor f1zr kurang tenaga ,penyebab rx king kurang tenaga ,motor bebek paling kuat nanjak ,penyebab motor f1zr tidak ada tenaga ,ukuran roller buat tanjakan ,tarikan motor ngeden ,penyebab motor 2 tak tidak bertenaga ,penyebab motor ngeden ,motor paling kuat di tanjakan

Mengatasi Motor Kurang Tenaga Di Tanjakan | dedi kurnia | 4.5