Penyebab Mesin Panas atau Overheat

update November 2017 - Mesin Mobil, Mesin Motor

Automotif Tips – Overheat adalah salah satu kondisi dimana mesin mengalami gejala panas yang berlebihan. banuyak yang bisa menyebabkan kondisi ini pada mesin. gejala mesin yang panas pun bisa berbahaya bagi mesin mobil anda. salah satu kerusakan yang mengintai adalah cylinderhead jentang atau melenting sampai piston macet akibat pemuaian. masalah ini timbul bukan hanya dari air radiator sebagai sistem pendingin mesin tapi juga bisa diakibatkan oleh hal lain dari beberapa kerusakan komponen mesin.

Indikasi kerusakan yang timbul juga bisa terlihat dan dari situ kita bisa melakukan diagnosa dan seterusnya melakukan perbaikan. nah untuk selengkapnya mengenai hal penyebab mesin bisa mengalami gejala panas berlebih, berikut ini selengkapnya.

Gejala dan Penyebab Mesin Panas atau Overheat

Gejala dan Penyebab Mesin Panas atau Overheat

Gejala atau tanda mesin anda mengalami overheating adalah paling umum terlihat dari kontrol tempratur di dashboard. maka dengan itu sangat penting kontrol ini berfungsi. karena itu awal kita bisa mendeteksi tempratur mesin. dan jika terjadi overheat berikut ini yang bisa menyebabkanyya.

  • Air Radiator Kurang / Kosong

Hal yang paling sering terjadi adalah cairan pendingin atau air radiator kosong. bisa diakibatkan oleh kebocoran pada saluran pendingin. bisa pada radiator maupun pipa-pipa saluran dan selang radiator. maka jika sering terjadi air radiator kosong periksalah dan pastikan tidak ada kebocoran.

  • Radiator Tersumbat dan Kotor

Yang kedua adalah radiator yang tersumbat dan kotor. Harus anda ketahui di dalam radiator, air mengalir di pipa-pipa kecil pada elemen pendingin. jika pipa-pipa kecil ini ngerak dan tersumbat maka sirkulasi air bisa terhalang bahkan tertutup. jika ini terjadi bisa mengakibatkan mesin panas. biasa terjadi jika radiator menggunakan air yang kotor atau air sumur. jika ditemukan air radiator kuning maka segera kuras radiator. bisa coba dulu menguras mengganti air saja, ke tukang radiator, atau menggunakan produk penguras radiator. kalo gak salah namanya raditor flush.

  • Thermostat tidak berfungsi atau macet

Pada saluran cairan pendingin radiator terdapat katup yang dinamakan thermostat. katup ini bekerja menutup saluran cairan pendingin ketika mesin dingin dan membuka pada suhu tertentu. fungsinya untuk menjaga mesin agar berada di suhu terbaik atau suhu kerja optimal. jika macet, ketika mesin panas, komponen ini tidak membuka dan mesin tidak diturunkan suhunya karena sistem pendinginan tertutup. maka yang akan terjadi adalah overheat.

  • Cylinderhead Gasket atau Paking Deksel Terbakar

Sebetulnya ini kebanyakan terjadi akibat efek lanjutan dari gejala mesin panas itu sendiri. jika gasket atau paking silinderhead terbakar bisa membuat mesin makin panas. kenapa terjadi, karena di sekeliling lubang boring atau silinder adalah saluran pendingin. akibat dari paking aus terbakar, kompresi dan pembakaran yang terjadi di dalam silinder bisa tembus dan melintas ke saluran pendingin yaitu air maka bisa menyebabkan panas. gejala yang timbul juga bisa membuat air radiator tersenbur keluar, selang radiator jebol dan air radiator keluar ke tabung cadangan yang mengakibatkan radiator kosong tapi tangki cadangan malah penuh.

Ini terjadi karena adanya tekanan udara yang berasal dari kompresi di ruangbakar yang masuk ke saluran pendingin. ini juga bisa langsung di cek. dalam kondisi mesin dingin, buka tutup radiator dan start mesin. jika air muncrat maka bisa dipastikan ada kompresi melintas. jika dalam kondisi mesin hidup juga ketika di tarik gas dan ditahan maka bisa terlihat ada gelembung-gelembung udara di radiator.

  • Kipas atau Fan Radiator Rusak

Jika pada mobil yang menggunakan kipas pendingin radiator elektrik biasanya gejala overheat juga sering akibat kipas rusak yang membuat kipas tak berfungsi saat mesin panas. kerusakan bisa terjadi akibat dinamo atau hanya sekring dan relay. jika pada kipas yang mekanis yang menggunakan van belt juga biasanya ada yang paten dan ada yang tidak. jika yang tidak paten kipas bisa muter meski agak berat. jika pelumas atau silikon di dalamnya kurang tahu saya apa itu namanya maka kipas akan loncer. dan tentunya kurang menyedot angin. kipas jenis ini kalo tidak salah ada di mobil L 300 dan kijang. pemasangan kipas yang terbalik juga bisa membuat mesin panas. kipas pendingin alur anginnya adalah menyedot angin di depan radiator bukan meniup radiator.

  • Setingan Bahan Bakar Terlalu Irit

Bahan bakar yang di set terlalu irit juga bisa membuat mesin panas. jadi meski pengen irit, tapi jangan paksa juga mesin anda.

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mesin Overheat

Jika terjadi mesin panas sampai macet atau baru terasa berat, segera matikan mesin dan biarkan sampai dingin. buka kap mesin atau jok mobil jika mesin yang dibawah jok untuk mempercepat pendinginan. jangan buka radiator ketika mesin panas. jangan masukin air radiator ketika masih panas. tunggu dingin lalu bisa anda cek air radiator dan perbaiki kerusakan lalu coba hidupkan lagi.

Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Pencarian Artikel :

penyebab kiprok cepet panas ,https://www automotiftips com/penyebab-mesin-panas-atau-overheat/ ,kiprok thunder cepet panas dalam keadaan mesin baru di hidupkan apakah kiprok rusak atau tidak ,penyebab kiprok panas saat mesin hidup

Penyebab Mesin Panas atau Overheat | dedi kurnia | 4.5