Perawatan Berkala Motor Matic Atasi Boros BBM

update November 2017 - Mesin Motor, Tips Berkendara

Automotif Tips – Sepeda Motor matic kini menjadi jenis sepeda motor yang mungkin paling banyak dipilih orang orang indonesia karena kemudahan dalam penggunaanya. memang dengan sepeda motor matic kita menjadi leluasa dalam berkendara terutama dalam hal membawa barang. sepeda motor matic juga memang dari segi bobot kendaraan tergolong ringan dan tenunya akan menambah kemudahan dalam mengendarainya. namun sepeda motor matic terkenal boros bensin jika dibandingkan dengan sepeda motor bebek dengan cc atau kapasitas mesin yang sama. apalagi jika sepeda motor matic lama yang masih menggunakan karburator.

Mungkin untuk boros dan tidaknya sepeda motor matik bisa diakibatkan oleh kebiasaan si pengendara itu sendiri. jika si pengendara sering tarik gas dengan cara spontan maka sudah pasti akan lebih boros konsumsi bahan bakarnya jika dibanding dengan yang berkendara dengan yang narik gas secara wajar. dan juga dari segi perawatan. sepeda motor matic yang dirawat secara berkala dengan servis berkala maka akan terjaga keiritannya jika dibanding dengan motor matic yang tidak diservis.

Perawatan Berkala Motor Matic Atasi Boros BBM

Perawatan Berkala Motor Matic Atasi Boros BBM

Dalam hal perawatan berkala, salah satu yang biasanya mengakibatkan motor matic jadi boros adalah pada karburator dan filter penyring udara. karena sepeda motor matik letak box filter berada di area belakang bawah yang jika berkendara di jalanan berdebu maka akan diselimuti debu. dan jika sudah kotor dan dibiarkan maka pasti akan boros bbm. makanya dalam hal yang berkaitan dengan servis berkala, lakukan hal berikut agar motor matik anda tetap irit bbm.

  • Periksa fiter udara dan ganti filter udara secara berkala. mengacu pada buku petunjuk atau user manual. pada beberapa motor dianjurkan setiap periode ke 3 penggantian oli.
  • Ganti Busi secara berkala mengacu pada buku pedoman pemilik atau user manual. pada beberapa motor di buku manual dianjurkan setiap periode ke 3 penggantian oli.
  • Lakukan pembersihan karburator secara berkala.
  • lakukan pengecekan CVT secara berkala.

Dari beberapa poin diatas saya sering melakukan servis berkala. dan pengalaman saya motor terjaga performanya. dalam hal penggantian busi memang pada periode tersebut busi pastinya masih bagus tapi dari pengalaman saya ketika busi lama tidak diganti motor suka meletus saat dibawa laju dan ketika dikendorin gas. untuk karburator, karena saya kerja di bengkel, saya hanya membuka ketika dirasa ada masalah. unuk setiap ganti oli saya anya setel ulang anginngya. untuk cvt saya hanya membersihkan saja dengan semprot pakai kompresor secara berkala jika dirasa kotor.

Tentunya jika poin-poin tadi dilakukan maka suplai udara akan lancar dan juga pmbakaran sempurna juga kinerja kopling tidak terganggu. maka hasil ahirnya adalah konsumsi bbm akan wajar sesuai dengan standarnya. semoga bermanfaat dan bisa membantu anda.

Pencarian Artikel :

caraservismotorcg

Perawatan Berkala Motor Matic Atasi Boros BBM | dedi kurnia | 4.5